Begini Prosedur Mutasi Keluar dan Balik Nama Kendaraan Bermotor JawaTimur 2018

Begini Prosedur Mutasi Keluar dan Balik Nama Kendaraan Bermotor Jawa Timur 2018

mutasi kendaraan bermotor jatim

Dalam membeli mobil bekas, pastinya kita sadar bahwa data identitas yang melekat pada mobil bekas yang dibeli adalah identitas dari pemilik sebelumnya. Pada awalnya mungkin kita tidak akan menemui masalah, toh surat surat lengkap kita yang pegang meskipun data identitasnya tidak sesuai dengan yang ada di KTP kita.

Akan tetapi masalah baru muncul ketika sudah tiba waktunya untuk perpanjangan surat identitas kendaraan, baik itu pajak tahunan maupun perpanjangan surat lima tahunan. Tentunya dalam proses pengurusan perpanjangan surat kendaraan dibutuhkan kartu identitas pemilik pertama dari mobil bekas yang kita beli. 

Nah kalau pemilik lama bersedia meminjamkan KTPnya tiap tahun pasti tidak ada masalah, tapi bila pemilik lama tidak mau meminjamkan KTPnya dan bahkan setelah menjual mobilnya pemilik lama langsung melapor jual kendaraan ke samsat, pastinya kita akan kesulitan ketika tiba waktunya perpanjangan pajak.
Baca : Pastikan Dokumen Ini Lengkap Saat Membeli Mobil Bekas

Walaupun bagi orang yang berduit hal tersebut diatas bukan merupakan suatu masalah, cukup dengan menggunakan biro jasa masalah perpanjangan pajak mobil bekas teratasi dengan mudah.

Itulah yang mendasari saya setelah membeli mobil bekas untuk segera melakukan balik nama kendaraan agar mudah pengurusan surat surat kedepannya. 

Saya mendapatkan mobil bekas ketika masih bekerja di Surabaya sedangkan saya asli orang Malang, artinya saya harus melakukan mutasi keluar  atau cabut berkas kendaraan dari wilayah Surabaya untuk diregistrasi ulang di wilayah Malang.

Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya dalam proses mutasi kendaraan bermotor untuk wilayah jawa timur, secara garis besar sama. Simak Prosedur Mutasi Keluar dan Balik Nama Kendaraan Bermotor Jawa Timur 2017 berikut ini:

Kelengkapan Mutasi Keluar dan Balik Nama Mobil Bekas


Alangkah baiknya sebelum berangkat ke Samsat setempat, persiapkan terlebih dahulu kelengkapan berkas atau dokumen yang diperlukan untuk proses mutasi keluar dan balik nama mobil bekas. Jangan sampai kita harus bolak balik  hanya untuk mengambil dokumen yang ketinggalan dirumah.

Persiapkan juga waktu untuk mengurus mutasi keluar dan balik nama mobil bekas di samsat, karena prosesnya membutuhkan waktu satu hari kerja. Dokumen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:
  1. BPKB
  2. STNK
  3. Kwitansi kosong bermaterai dengan tanda tangan pemilik sebelumnya
  4. kwitansi kosong dengan tanda tangan pemilik sebelumnya
  5. KTP Asli Pemilik Baru
  6. Faktur / Form A

Prosedur Mutasi Keluar dan Balik Nama Kendaraan Bermotor di Jawa Timur

Berhubung saya membeli mobil bekas di Surabaya tepatnya daerah Kenjeran, maka artikel ini dikhususkan untuk prosedur pengurusan mutasi keluar di Samsat Utara walaupun pada umumnya secara garis besar sama di masing masing daerah.

Awalnya saya sempat berpikir untuk menyerahkan urusan mutasi dan balik nama kendaraan ke biro jasa saja. Akan tetapi tentunya perkiraan total biaya pengurusan pasti akan membengkak ditambah lagi mobil bekas saya sudah hampir jatuh tempo dimana harus membayar pajak tahunannya juga.

Daripada saya harus keluar dana lebih melalui biro jasa lebih baik saya mengurus sendiri jadi saya dapat membagikan pengalaman saya disini.

Prosedur dan proses mutasi keluar di Samsat Surabaya Utara

Berikut adalah proses yang perlu dilewati :

#1. Datang langsung ke Kantor Samsat Surabaya Utara. Alamat Kantor Samsat Surabaya Utara tepatnya di Jl. Kedung Cowek No.373, Tanah Kali Kedinding, Kenjeran. Arah ke Jembatan Suramadu.

#2. Langsung parkir kendaraan di parkiran dalam Kantor Samsat, tempat pelaksanaan cek fisik kendaraan. Disini biasanya kita akan ditawari untuk dibantu pengurusan di Samsat oleh petugas parkir, lebih baik jangan diterima.

#3. Menuju ke tempat pendaftaran formulir. Nanti akan ditanya tujuan pengurusan di Samsat dan akan diberi formulir sesuai peruntukannya.

#4. Setelah mendapatkan Formulir, kita perlu menghampir petugas gesek nomer kendaraan yang biasanya sudah standby di depan tempat pendaftaran formulir. Nanti petugas akan menggesek nomer mesin dan nomer rangka kendaraan dan menempelkan hasilnya pada formulir. Mengenai biayanya, waktu itu karena saya belum pernah sama sekali melakukan mutasi keluar di samsat, saya memberikan petugas gesek sebesar 20.000 rupiah dengan harapan saya bisa mendapat informasi dari petugas mengenai prosedur pengurusan mutasi kendaraan. Alhamdulillah ternyata petugas gesek yang membantu saya bersedia memberikan informasinya.

#5. Fotokopi berkas yang sudah disiapkan sebelumnya, serahkan ke tempat fotokopi yang berada di sekitar parkiran motor, mereka sudah paham berapa lembar hasil fotokopi dokumen yang dibutuhkan.

#6. Setelah dokumen selesai difotokopi kita menuju ke tempat legalisasi hasil cek fisik, tepatnya berada di samping kanan loket formulir pendaftaran.

#7. Setelah itu menuju loket legalisasi formulir agar berkas kita dicek kelengkapannya, tempatnya masih di sekitar loket formulir pendaftaran.

#8. Berikutnya kita menuju ke gedung Samsat lantai bawah (pintu masuk di samping) untuk  mendaftar di bagian Loket fiskal.

#9. Nantinya kita akan diminta petugas fiskal untuk melakukan pembayaran biaya Mutasi sebesar 250.000 rupiah di kasir.

#10. Kembali ke loket fiskal untuk menerima berkas dokumen dan menuju ke loket blokir STNK di dekat pintu masuk.

#11. Setelah itu kita menuju ke Gudang Kartu Induk  atau gedung k.i yang berada di lantai 2, pintu masuk berada di depan.

Karena saya akan mencabut berkas kendaraan dari surabaya, maka oleh petugas gedung kartu induk di samsat saya diminta untuk mengambil berkas kartu induk kendaraan saya di POLDA JAWA TIMUR.

Prosedur dan proses mutasi keluar di POLDA JATIM

Ternyata Proses di POLDA sangat mudah. Gedung Kartu Induk berada tepat ditikungan pertama pintu masuk POLDA, ditandai dengan atap gedung yang berbentuk kotak kotak. Tinggal serahkan berkas dari Samsat ke Petugas, setelah diminta menunggu berkas kartu induk kendaraan kita akan diserahkan dan kita diminta kembali ke Samsat tempat kendaraan kita berasal.

Begitu sampai di Samsat Surabaya utara, berikut yang harus dilakukan setelah dari POLDA:
  1. Legalisasi kartu induk kendaraan dari POLDA di Gudang K.I Samsat
  2. Cabut berkas di Gedung STNK Samsat Surabaya Utara. lokasinya berada di parkiran tempat cek fisik kendaraan.
  3. Apabila berkas telah selesai di proses, kita akan diminta menyerahkan semua berkas ke loket Mutasi yang berada di lantai 2.
  4. Nantinya berkas akan diproses lebih lanjut selama kurang lebih 3 minggu.

Prosedur Mutasi Keluar dan Balik Nama Kendaraan Bermotor di Jawa Timur : Kesimpulan

Apabila kita mengetahui alurnya, untuk pengurusan mutasi maupun balik nama kendaraan lebih mudah jika diurus sendiri. Hindari menggunakan jasa Calo, saya mendapatkan info dari petugas gesek sebelumnya pernah ada yang sampai tertipu 16 juta rupiah untuk mengurus mutasi keluar kendaraan bermotornya karena melalui calo.

karena saat proses dokumen di Samsat, STNK dan BPKB yang asli kita diserahkan ke petugas, maka petugas nantinya akan memberikan Surat Keterangan Pengganti Surat Tanda Nomor Kendaraan Sementara  disertai fotokopi STNK dan BPKB agar kendaraan masih dapat digunakan di jalan raya.

Artikel ini akan berlanjut ketika berkas yang sudah diproses untuk diserahkan ke samsat tujuan, akan saya bahas berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

22 Responses to "Begini Prosedur Mutasi Keluar dan Balik Nama Kendaraan Bermotor JawaTimur 2018"

  1. Mas, kebetulan tgl 13 Nop 2017 kmaren saya juga sedang melakukan mutasi dan balik nama kendaraan dari kota malang ke kota batu. Kmaren saya sudah sampai tahap mengambil berkas di Polres Malang sekitar 1 bulan lagi, yaitu, tgl 13 Des 2017. Yg ingin saya tanyakan, setelah dari Polres Malang nanti berarti qta masih harus mengurus ke Samsat Kota Malang lagi ya untuk proses pemberkasan dan harus menunggu 3 minggu lagi?

    BalasHapus
  2. betul pak fajar, jadi alurnya setelah cabut berkas di polres malang nanti berkas yang biasanya disebut buku induk kendaraan itu dibawa lagi dan diserahkan ke samsat malang dijadikan satu dengan berkas yan glain, dan menunggu 3 minggu untuk prosesnya, nantinya setelah 3 minggu, bapak datang lagi untuk ambil kumpulan berkas yang telah diproses di samsat malang untuk didaftarkan ke samsat batu, biasanya sih satu hari selesai di samsat tujuan kalau hanya untuk stnk dan tnkbnya. Untuk BPKBnya harus nunggu lagi 3 bulan. sebisa mungkin diurus sendiri pak ga perlu melewati calo, lebih mudah kok. bisa cek panduan dipost saya yang lain pak untuk proses mutasi masuknya http://bukankecap.com/prosedur-mutasi-masuk-kendaraan-bermotor-di-malang-2017/amp/

    saya waktu proses di surabaya untuk cabut bendel di polda gak harus nunggu 1 bulan tapi pak, sebetulnya saya bisa proses 1 hari di sby dari samsat ke polda ke samsat lagi, masalhnya keluarga minta ajak jalan jalan dulu ,jadinya ke polda saya 3 hari berikutnya. mungkin kebijakannya yang berbeda pak.

    BalasHapus
  3. sepeda masih plat s jombang ,terus saya sudah pindah tempat disurabaya terus bagaimana cara bayar pajak lima tahunan ?tolong saya minta informasi yg jelas trms

    BalasHapus
  4. hi pak Abd Mujib

    saya asumsikan sepeda atas nama bapak pribadi. menurut UU No 22/2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan serta Perda (Jatim) no 9/2010.

    Pasal 71 UU No 22/2009
    Ayat 1.
    Pemilik kendaraan bermotor wajib melaporkan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia jika:
    a. Bukti registrasi hilang atau rusak;
    b. Spesifikasi teknis dan/atau fungsi Kendaraan Bermotor diubah;
    c. Kepemilikan Kendaraan Bermotor beralih; atau
    d. Kendaraan Bermotor digunakan secara terus-menerus lebih dari 3 (tiga) bulan di luar wilayah Kendaraan Bermotor diregistrasi
    Ayat 3
    Pelaporan Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf (d) disampaikan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia di tempat Kendaraan Bermotor tersebut terakhir dioperasikan

    Dinyatakan oleh UU tersebut, kendaraan yang beroperasi selama 90 hari berturut-turut di daerah yang berbeda dari daerah asal registrasinya harus melapor ke samsat terdekat (daerah operasi).
    Nah, Perda No 9/2010 tentang Pajak Daerah, mewajibkan pemilik kendaraan luar propinsi, maksimal 90 hari setelah melaporkan kendaraan luar propinsi-nya (KLP) wajib memutasi masuk kendaraan tersebut.

    berhubung sudah masuk 5 tahunan yang artinya pergantian Stnk dan pergantian plat nomor, alangkah baiknya jika bapak melakukan mutasi masuk kendaraan ke wilayah surabaya karena prosedurnya sama nantinya di samsat yakni bapak juga harus cek fisik kendaraan dan lain lain (tidak seperti perpanjangan pajak tahunan yang cukup berbekal ktp dan stnk saja). kan enak sekalian cabut berkas dulu, lalu cek fisik bersamaan dengan mutasi masuk di surabaya. dan saat ini di jatim sedang ada program pemutihan lho pak s.d desember 2017, jadi nantinya biaya balik nama gratis
    tapi keputusan kembali ke pak Abd Mujib, jika bapak merasa keberatan untuk biaya tambahan jika cabut berkas dan mutasi masuk, artinya bapak harus membawa sepedanya ke jombang untuk cek fisik dan pergantian stnk beserta plat nomor disana. dipertimbangkan lagi untuk untung dan ruginya. jika bapak sekalian mutasi dan balik nama repotnya hanya sekali karena kebetulan perpanjangan 5tahunan, setelah itu perpanjangan sudah gampang karena sesuai dengan domisi bapak di sby
    semoga penjelasan saya membantu. dan terima kasih telah berkunjung

    BalasHapus
  5. Mantap mas. Sy ngikuti artikelnya sampai sekarang sdh dapat surat jalan dr samsat sby utara. Nanti saat berkas selesai apakah kita dihubungi sprti saat diminta meninggalkan nomer hp ya?
    Atau harus 3 minggu lagi kesana buat ngecek?

    BalasHapus
  6. dari pengalaman saya, saya nggak diminta untuk menginggalkan nomer hp, jadi saya inisiatif sendiri untuk mengambil berkas setelah 3 mingguan pak. dan insyaalloh berkas memang sudah selesai sesuai tenggat waktu yang diberikan oleh samsat.

    BalasHapus
  7. Pak saya mau minta bantuan gimana caranya cabut berkas mobil disurabaya pindah ke kalimantan selatan ..brpa biaya nya ya..kbetulan pajakx mati tanggal bulan desember 2017 apa dikenakan denda nya juga ya pak..mohon pencerahan nya...trims

    BalasHapus
  8. untuk cabut berkas kendaraan di wilayah surabaya caranya secara garis besar sama seperti yang saya jelaskan pada artikel diatas pak, saya rangkumkan intinya :
    daftar kendaraan untuk cek fisik
    cek fisik kendaraan
    pembayaran fiskal
    cabut kartu induk (bila tidak ada di samsat setempat akan diminta untuk mengambil di POLDA surabaya)
    berkas diproses menunggu 3 mingguan
    berkas yang sudah jadi dilimpahkan ke samsat tujuan

    biaya tergantung dari harga kendaraan dan pajak kendaraan juga pak, umumnya yang sama adalah biaya fiskal Rp 250.000
    biaya balik nama, pajak, swdkljj nanti dikenakan di samsat tujuan
    sekedar gambaran BBN adalah biaya pajak sekarang ditambahkan dengan 1% dari harga beli kendaraan pak

    mengenai pajak yang mati di bulan yang sama saat akan pengurusan balik nama, selama belum jatuh tempo tanggalnya, tidak dikenakan denda pak.
    saya baliknama kendaraan bulan april tgl 5 sedangkan kendaraan saya habis pajak april tgl 24, saya tidak dikenakan denda.
    semoga membantu

    BalasHapus
  9. Terimakasih mas infonya. Besok senin saya ada kegiatan dinas ke surabaya, senin masih minggu kedua rencananya mau ngecek. Apa saja yg perlu disiapkan buat ambil berkas? Hanya kertas tanda ganti stnk saja kah mas?

    BalasHapus
  10. iya pak, hanya kertas pengganti stnk sementara yang perlu dibawa, tentunya dilengkapi dengan kartu identitas yang masih berlaku (sesuai nama pemilik baru)

    BalasHapus
  11. Assalamu'alaikum...

    afwan admin,, ana mau tanya..
    sepeda motor ana sdah di mutasi keluar dari balikpapan ke sampang madura.
    kemarin suami saya sudah cek fisik ke samsat madura,, lalu di minta untuk lapor ke polda surabaya...

    berapa biaya yg harus dibayar nanti pada saat laporan ke polda admin??
    dan disurabaya posisi sedang ada pemutihan, apakah ada biaya yg harus dibayar dan berapa yg harus dibayar?

    jazakillah khair

    BalasHapus
  12. wa'alaikum salam
    mengenai pemutihan hanya untuk biaya balik nama dan denda yang digratiskan, untuk pengurusan biaya stnk biaya nopol tetap dikenakan biaya.
    di samsat tujuan normalnya hanya dikenakan:
    BBN (1% dari harga kendaraan)
    Pajak Kendaraan (sama dengan pajak sebelumnya)
    SWDKLJJ (tergantung masing masing wilayah)
    Biaya Nopol 60 ribu
    Biaya penerbitan STNK 100 ribu
    Biaya penerbitan BPKB. 225 ribu
    Pengesahan STNK 25 ribu.
    (berdasarkan PP nomer 60 tahun 2016)
    di polda sepertinya hanya menyerahkan berkas. untuk biaya mungkin tidak ada, karena biaya yang saya sebutkan diatas dibayarkan di samsat tujuan.
    karena di wilayah malang semua urusan mutasi masuk selesai 1 hari keluar STNK dan nopol di 1 lokasi samsat saja.
    waktu kemarin saya cabut berkas kendaraan di polda juga tidak dikenakan biaya
    semoga membantu

    BalasHapus
  13. Kalau mau mutasi dari malang kota ke malang daerah proses nya gimana pak.
    Sekalian sama surat KIR nya..soalnya mobil barang.

    BalasHapus
  14. Pak mohon infonya....untuk proses mutasi keluar apakah dikenakan biaya pengesahan 25rb di samsat ?

    BalasHapus
  15. mungkin tergantung dari kebijakan samsat di daerahnya pak, karena untuk pengalaman saya, di samsat surabaya utara hanya diminta untuk pelunasan fiskal sebesar 250 ribu, tanpa ada biaya pengesahan
    biaya lain diluar biaya pengurusan samsat adalah biaya parkir kendaraan dan biaya jasa gesek nomer mesin/rangka

    BalasHapus
  16. proses mutasi pada dasarnya sama pak untuk masing masing daerah, seperti proses cabut berkas seperti yang ada diartikel saya diatas dilanjutkan dengan proses berkas masuk sperti pada artikel saya di mutasi masuk ini
    untuk kendaraan barang terlebih dahulu bapak juga harus mutasi keluar buku KIR di dishub lokasi kendaraan bapak untuk kemudian mendaftar mutasi masuk KIR di dishub kota tujuan.
    persyaratan yang dibutuhkan untuk mutasi KIR sebagai berikut:
    Buku Uji Kendaraan, asli dan foto copy;
    Rekomendasi mutasi dari daerah asal kendaraan;
    Bukti pelunasan retribusi uji;
    Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian untuk kendaraan yang kehilangan Buku uji/STNK;

    BalasHapus
  17. mohon pencerahan..
    kalau balik nama mobil sidoarjo dengan ktp lamongan apakah bisa tanpa mutasi kendaraan..
    terimakasih

    BalasHapus
  18. mohon info..
    apakah balik nama mobil plat sidoarjo dengan KTP lamongan bisa tanpa mutasi...?

    BalasHapus
  19. prosedurnya pak untuk balik nama kendaraan dari luar daerah harus melalui proses mutasi karena berkas kendaraan teregistrasi (terdaftar di daerah asal) ya harus dilakukan pemindahan berkas yang disebut juga mutasi

    BalasHapus
  20. Sangat sangat membantu pak artikelnya

    BalasHapus
  21. alhamdulillah kalau urusannya cepat selesai pak.

    BalasHapus
  22. q mau tanya, apa bisa balik nama ke bapak sendri yg masih satu KK dan gmna caranya

    BalasHapus